Welcome to Yogya!

•Agustus 8, 2008 • Tinggalkan sebuah Komentar

Hari ini mulailah sudah hidup baru…

Yogya…

Hm… Tunggu aja ntar di GSP tanggal 19 ya!

Upacara peresmian mahasiswa baru UGM

Yup, saia jadi mahasiswa dong…

Iklan

Pengumuman UM-UGM

•Juli 14, 2008 • 4 Komentar

Akhirnya, setelah menunggu dengan sabarnya selama hampir 2 bulan, UM-UGM muncul juga. Penantian yang panjang, dengan spekulasi, optimisme, dan ketidakpastian yang menggema di hati akhirnya menjalani pembuktiannya, dan…

Sepulang dari Umrah, setelah “dibekukan” selama 9 jam di atas pesawat garuda penerbangan Jeddah-jakarta, 7 Juni 2008, selepas pesawat landing di Soekarno-Hatta, masih di atas pesawat untuk menunggu keluar, akhirnya saya mulai mengaktifkan ponsel saya, mengubah jaringan menjadi XL (di Arab saya pakai Al-Jawal), dan mulai mengirim SMS : UM<spasi>2800100248 dan dikirim ke 9600 (berhubung saya make XL) dengan perasaan deg-degan, bingung, gelisah, dan tidak sabar yang bercampur menjadi satu.

Akhirnya, kalimat pertama saya baca: SELAMAT dan akhirnya, mata saya terbuka: SAYA LULUS! Dan kegembiraan saya pun bertambah ketika membaca kalimat selanjutnya: DITERIMA DI FAKULTAS ISIPOL JURUSAN ILMU HUBUNGAN INTERNASIONAL! Alhamdulillah, proses imigrasi tidak lagi saya jalani denga berat hati dan akhirnya, Alhamdulillah, tercapai jualah cita-cita saya kuliah di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dengan jurusan yang saya inginkan pula: Ilmu Hubungan Internasional Alhamdulillahi Rabbil ‘Alamin. Benarlah, setiap doa pasti akan diijabah oleh Allah (Al-Baqarah: 187).

Setelah teman-teman di Banjarmasin saya kontak, akhirnya terkuak jualah nama orang-orang SMAN 1 Banjarmasin yang diterima di UGM, ada 8 orang:

1. Ahmad Rizky Mardhatillah Umar (XII IPS 2), FISIPOL Jurusan Ilmu Hubungan Internasional;

2. Andhika Dwitya Okdhiantara (XII IPS 2), FISIPOL Jurusan Ilmu Komunikasi;

3. Reza Faidhil Okdhiantara (XII IPS 2), FISIPOL Jurusan Ilmu Sosiatri;

4. Diewa Rizky (XII IPS 2), FISIPOL Jurusan Ilmu Sosiatri;

5. Anggar Bagus (XII IPS 1), Fakultas Filsafat Jurusan Ilmu Filsafat;

6. Cinthya Ferbe (XII IPA 1), FT Jurusan Fisika Teknik;

7. Laela Nur Baity (XII IPA 1), Fakultas Kehutanan Jurusan Konservasi Sumber Daya Kehutanan;

8. Wangi Pandan Sari (XII IPA 1), FT Jurusan Teknik Industri.

Itulah Delapan Orang yang beruntung diterima dalam UM-UGM 2008, dari total 37 orang yang ikut seleksi. Sayang, cuma Lima yang mendaftar ulang, karena Diewa telah lulus di fakultas Hukum Unibraw, Laela telah lulus di Institut Pertanian Bogor, dan Anggar tidak menginginkan jurusan tersebut (karena Pilihan 3). Ya sudahlah, inilah pencapaian terbaik kami.

Syukran Katsir!

UM-UGM 2008

•Juli 13, 2008 • 1 Komentar

Hm…. Semester 2, seperti yang anda liat, telah mencapai puncaknya.

Sebagai seorang siswa kelas 3, tentunya ana harus kerja ekstrakeras dalam mempersiapkan segala sesuatunya. nggak UN, nggak UM-UGM, nggak SNMPTN, semuane harus dipersiapkan. Maklum, kelas 3 SMA ini adalah gerbang penentuan. Siapa cepat, dia dapat. Siapa malas, dia kandas!

Dan akhirnya, setelah persiapan maraton Januari-Maret 2008, ana akan menghadapi sebuah sidang pertama: Ujian Masuk UGM alias UM-UGM 2008. “Sidang” ini akan dilaksanakan pada hari Ahad, 13 April 2008. SMAN 1 Banjarmasin mengirimkan satu kompi pasukan, hehe,,, nggak tanggung-tanggung, 37 orang akan menyerbu Yogya!

Azzam telah ditancapkan, hati telah dikuatkan, tekad telah dibulatkan. Satu pilihan: UM-UGM mesti dilakoni! Ana telah bersiap dengan mendaftar, bayar pendaftaran, plus bayar tiket. yah, mudah-mudahan aja membawa hikmah.

Pilihan ana telah jatuh pada satu fakultas yang telah menjadi idaman sejak dulu: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Ana memilih Ilmu Hubungan Internasional (HI) sebagai pilihan utama, disusul oleh Ilmu Komunikasi dan Ilmu Administrasi Negara. Yah, FISIPOL semua. “Melanjutkan” nama-nama beken macam Andi Mallarangeng, Amien Rais, Muhaimin Iskandar, atau Priyo Budisantoso yang keluaran sana.

OK, singkat cerita, berangkatlah saya ke yogyakarta. Saya pesan tiket lebih awal dari teman-teman, tanggal 10 April, di sela-sela sibuknya ujian praktek (karena mau daftar juga di UMY).  Penerbangan sore yang di-delay oleh pihak mandala. Yup, sampai jualah akhirnya saya ke Yogya, memulai sebuah perjuangan untuk UM.

Langsung aja deh, nggak usah diceritain kehidupan Yogya yang penuh mahasiswa. 13 April 2008, pukul 10.00 pagi, ujian dimulai. Empat orang pengawas dengan senyum ramahnya memasuki ruangan di FBS UNY ( o ya lupa, saya kebagian duduk en tes di fakultas bahasa dan seni universitas negeri yogyakarta). Ruangan yang cukup kondusif, ber-AC (ada yang tanpa AC lo, tapi di tempat laen), plus meja yang lumayan dalam kondisi cukup baek.

Keempat pengawas tersebut mulai memasuki ruangan dan membacakan tatib UM. yah, harus diakui bahwa posisi duduk saya tidak terlalu baik. Kenanya di bagian depan coy! Lebih naas lagi, tempat duduk di sebelah kanan saya kosong (buang2 kesempatan tuh, ngosongin tempat buat UM). Dua pengawas duduk di depan, tepatnya satu pengawas duduk di samping saya, satu di depan saya, satu di belakang kelas dan satu lagi di depan pintu. Gileee… Gimana tuh dua pengawas yang ngeliatin pas ujian??? Akhirnya, ujian harus dimulai juga.

soal pertama muncul, soal kemampuan dasar. Gilee lagi…. Matematikanya susah mas! Yah, apa boleh buat, kita harus terus menjalaninya.  Yah, walaupun dengan kemampuan pas2an, hehe… OK, soal dengan cukup berat hati harus kami jawab.. Cuma 8 soal matematika yang dapat terjawab dengan sukses. ALhamdulillah BHs Indo sama Bhs Eng dapat dilalui dengan baik, yah, penambah nilai!

Waktu menunjukkan pukul 11.30, sesi kedua dimulai. Tes Potensi Akademik. Ya, jelas ini bukan bidang anak IPS, dengan kemampuan logika-matematika yang cukup “di luar kepala” (gak bisa maksudnya). AKan tetapi, begitu melihat soal, ALhamdulillah, gak begitu sulit! Yup, soal dijawab, dan optimisme di benak kepala saya mulai muncul. Satu jam berlalu, 12.30, semua soal diakhiri.

Setelah sempat pusing2, akhirnya waktu istirahat pun tiba. Tetapi jangnkan istirahat, teman2 malah sibuk sendiri mempersiapkan sesi ketiga. yah, akhirnya gak sempet makan deh. saya memutuskan shalat zhuhur di Mesjid Al-Mujahidin UNY yang emang deket. Setelah shalat, plong lah rasanya kepala ini.

Sesi ketiga lumayan susah, terlebih di soal ekonomi. Penuh dengan analisis mas! Sejarah yang saya targetkan untuk mendulang suara, kali ini harus dipikir2. Penuh dengan analisis isu global yang ironisnya kurang saya perhatikan beberapa waktu terakhir ini. yah, akhirnya saya jawablah apa adanya dengan daya analisis yang saya pendam karena tidak menulis beberapa hari terakhir.

yah, begitulah! UM akhirnya selesai, dan akhirnya saya keluar dengan perut keroncongan dan otak yang berasap. Hanya satu tujuan kami: Makan! Untunglah, Rumah Makan Top Java di jl. Colombo telah siap menanti kami, dan teman2 yang mau ke Asrama pangeran Antasari juga ikut makan. Yah, lumayan melepaskan lelah sejenak setelah diperas dan otak harus diisitirahatkan untuk “sidang” selanjutnya: UJIAN NASIONAL.

Lantas, pulanglah akhirnya saya ke Banjarmasin dengan penerbangan Mandala pagi ke Banjarmasin, bareng teman2. Saya mendapatkan jawaban yang hampri senada: Soalnya NGALIH! Yah, nggak semuanya sih mengatakan demikian. Tapi, tak semuanya juga pulang karena masih ada yang mau tes di sana-sini (Huh,,, bilang aja mau jalan2 keliling yogya dulu!)

OK, beginilah kisah mengenai UM-UGM 2008, bagaimana hasilnya, lihat aja posting saya selanjutnya, hehehe… wassalam

Hello world!

•Juli 13, 2008 • 1 Komentar

Welcome to WordPress.com. This is your first post. Edit or delete it and start blogging!